hrithik-roshan-30

siapa sih HRITHIK ROSHAN?

Hrithik Roshan adalah superstar Bollywood, aktor serba bisa, ‘god of dance’, dan apalagi ya?, pemeran superhero, Krrish.

Hrithik Roshan lahir pada tanggal 10 Januari 1974. Usia muda dengan prestasi menjulang. Menyabet beberapa kali penghargaan ‘aktor terbaik’ pada ajang filmfare – oscarnya Bollywood dan IIFA – event penghargaan internasional untuk insan perfilman Bollywood yang selalu diselenggarakan di luar India.

Dibalik pencapaian besarnya yang diperoleh dalam kurun waktu 10 tahun, siapa sangka Hrithik Roshan dulunya adalah seorang pria pemalu. Hrithik Roshan sebelumnya bekerja di balik layar sebagai asisten sutradara (Rakesh Roshan, ayahnya) di film Koyla dan Karan Arjun.

Ketika Ayahnya ingin menggarap film Kaho Na Pyar Hai. Hrithik Roshan turut serta membantu membuat naskahnya. Lalu, Rakesh Roshan mendadak menodongnya untuk memerankan pemeran utama film Kaho Na Pyar Hai. Sebenarnya, Rakesh Roshan diam-diam menginginkannya memerankannya.

Rakesh Roshan tahu bahwa anaknya memiliki bakat terpendam. Namun, Hrithik Roshan mengelak bahkan menolak permintaan Ayahnya. Ia menyarankan peran tersebut diberikan saja kepada Shahrukh Khan. Tapi Rakesh Roshan bersi keras.

Mendapati keputusan Ayahnya yang tak akan berubah. Dia meminta 6 bulan untuk mempersiapkan segala sesuatunya.  Namun, Ayahnya menolak permintaannya dan malah mendesaknya 2 bulan saja.

Perasaannya ketar-ketir. Ini adalah debutnya tampil di sebuah film. Sehingga Hrithik Roshan bahkan tidak bisa tidur semalaman. Kemudian dia menelepon Salman Khan agar melatih membentuk tubuhnya. Dia juga menghubungi Daboo Ratnani untuk pemotretan pertamanya.

Ketika film Kaho Na Pyar Hai rilis. Mendadak penduduk India menemukan Idola Baru. Film Kaho Na Pyar Hai sukses besar di pasaran dan juga menghantarkan Hrithik dipuncak popularitas. Menurut laporan boxofficeindia.com, Hrithik Roshan bertengger di posisi pertama ‘Star Ranking’ tahun 2000.

Hrithik Roshan menjadi medan magnet di Bollywood. Beberapa produser mengerumuninya supaya memerankan film mereka. Meskipun dia superstar baru, tapi dia bukanlah pria yang jumawa. Dia adalah pria yang rendah hati.

Sebagaimana dikutip dari perkataan Sanjay Dutt sewaktu syuting film Mission Khasmir tahun 2001.

“Ketika Mission Kashmir mulai syuting. Dia adalah seorang anak laki-laki ketakutan terus-menerus yang bertanya pada saya. Hrithik seperti seorang adik laki-laki, dia datang begitu cepat….”

Itulah sekelumit tentang Hrithik Roshan.

Di tahun-tahun berikutnya Hrithik Roshan membitangi beberapa film. Di dalam perjalanannya, tidaklah semua berjalan mulus. Beberapa filmnya gagal di pasaran. Namun, yang menarik dari dirinya bahwa dia selalu bermain dalam karakter yang berbeda – beda. Di film Koi Mil Gaya misalnya dia menjadi lelaki keterbelakangan mental, film Dhoom 2, seorang pencuri sensasional, film Krrish, super hero bertopeng dan  film Guzaarish, pria lumpuh. Kritikus film selalu mengapresiasi dan memuji aktingnya. Dia selalu bisa membuat kritikus film berdecak kagum. Bahkan para artis Bollywood pun memujinya.

Katrina Kaif :

” Hrithik sangat sensitif, dan itu adalah kualitas yang sangat menawan. Seseorang sebagai bintang besar seperti dia, berbakat seperti dia, sangat sensitif dan begitu efektif dalam hidup, aku berpikir bahwa itu adalah kualitas yang sangat menyentuh“.

Aamir Khan:

“Hrithik (Roshan) adalah seorang aktor yang baik dan bintang.”

Priyanka Chopra:

“Di layar, karismanya adalah super HOT. Di balik layar, dia teman saya, seseorang yang terlalu manis untuk menjadi HOT!”

Kepribadian Hrithik Roshan juga menawan. Dia pria yang sangat baik hati. Sebagaimana dikutip dari perkataannya melalui wawancara :

“Ketika di sekolah. Teman-temanku mentertawakan Ayahku botak. Kamu berharap anak yang baik berbalik dan menghajar mereka?, Tidak. Mereka menyebutkan kebenaran. Ayah saya memang botak. Aku cinta ayahku botak, dia tampak tampan!. Jadi, mengapa aku harus bereaksi terhadap itu?. Jangan bereaksi terhadap itu. Itu hanya mencerminkan rasa frustrasi. Dan industri bollywood ini, saya menemukan banyak dari mereka berperilaku seperti anak sekolah, berkelahi satu sama lain – saya mengatakan ini kepadanya, saya merasa bahwa kamu seharusnya kembali ke sekolah.”

“Ketika saya masih kecil,. Tidak ada yang mau bermain dengan saya karena mereka pikir saya terlihat jelek dengan dua ibu jari. Menyakitkan saya. Jadi, saya sempat berfikir untuk melakukan pembedahan pada ibu jari saya. Tapi tidak. Perlahan-lahan, saya menyadari bahwa penampilan luar bukanlah kriteria untuk mendapat cinta dan kesuksesan”.

Hrithik Roshan memang terlahir untuk menjadi bintang besar. Pengagum Julia Robert ini adalah seorang Ayah dari 2 anaknya yang imut, Hreedhan dan Hreehan. Dia juga suami yang baik kepada istrinya, Sussanne Khan – yang sekarang menjadi mantan istri.

Kesabaran mereka berdua diuji. Pada 1 November tahun 2014 lalu, Hrithik – Sussanne diputuskan pengadilan resmi bercerai. Biduk rumah tangganya pun akhirnya pecah setelah sekian tahun selalu diterpa gosing miring. Barangkali inilah yang terbaik buat mereka berdua.

Dialah pria tampan dan menawan. Dialah aktor serba bisa. Dialah ‘god of dance’. Dialah pria yang rendah hati dan berkelakuan baik. Dialah Ayah dari anak-anaknya. Dialah juga seorang anak yang baik. Dialah cucu yang membanggakan. Dialah personifikasi kesempurnaan.

dialah  HRITHIK ROSHAN